Laman

Jumat, 20 Januari 2012

Perubahan Zaman
Perubahan terjadi setiap tahun, setiap hari, bahkan setiap detik. bukan hanya itu, perubahan terjadi semakin cepat dari waktu ke waktu. Berikut ini urutan perubahan era yang terjadi didunia:
1. Era Agraris
2. Era Industri.
3. Era Informasi
4. Era Konseptual

Era Agraris
Sebelum tahun 1492 manusia hidup dalam suatu era yang disebut Era Agraris. Dalam Era Agraris, orang yang paling kaya adalah orang yang memiliki banyak peternakan dan perkebunan. Dalam Era ini manusia sepenuhnya bergantung pada sumber daya alam. Letak geografis sangat mempengaruhi kehidupan manusia pada masa itu. Dalam Era ini orang sangat kaya adalah orang yang memiliki banyak lembu, sapi, dan tanah yang luas.
Bagi mereka yang dilahirkan dalam keluarga kasta miskin, maka seumur hidup mereka akan menjadi golongan kasta miskin kecuali menikah dengan kasta kaya. Minimnya informasi dan ketiadaan teknologi membuat orang-orang dalam kasta miskin tidak dapat naik kasta kaya.

Era Industri
Tahun 1492 saat pertama kali mesin uap ditemukan merupakan awal dari revolusi industri. Cara menghasilkan kekayaan dalam era industri berbeda dengan cara menghasilkan kekayaan dalam era agraris. Dalam Era Industri, orang yang paling kaya adalah orang yang memiliki pendidikan tinggi. Modal yang besar menjadi penentu utama kesuksesan seseorang dalam memulai bisnis. Sekolah dengan baik, kuliah di universitas terbaik, raih nila tertinggi, bekerjalah di perusahaan yang bagus, bekerjalah dengan baik agar mendapat kenaikan gaji, dan menikmati uang pensiun. Itulah cara pandang orang-orang yang hidup pada Era Industri.
Dalam Era Industri IQ adalah penentu utama keberhasilan seseorang. Jika seseorang anak mendapatkan nilai A untuk pelajaran matematika (terkait IQ) dan mendapat nilai D untuk pelajaran kesenian (terkait EQ), maka anak tersebut dinilai sebagai anak yang pintar. Jika kondisi sebaliknya, maka anak tersebut dinilai sebagai anak yang bodoh.
berbeda dengan era sebelumnya, dalam Era Industri orang-orang yang merupakan kasta miskin dapat naik menjadi kasta kaya, hanya saja memerlukan waktu cukup lama. Coba anda perhatikan, dalam Era Industri, orang-orang yang kaya (bukan dari warisan) adalah orang-orang yang berusia 50-60 tahun.

Era Informasi
Runtuhnya tembok Berlin di Jerman tahun 1989 menjadi tanda berakhirnya Era Industri dan awal dari Era Informasi. Dalam Era Informasi, pendidikan yang tinggi bukanlah satu-satunya jalan untuk meraih kesuksesan. Orang yang paling sukses dan kaya dalam era ini adalah orang yang bisa mengakses paling banyak informasi. Internet merupakan media yang paling populer dalam memberikan akses informasi tanpa batas diseluruh dunia. Dalam era ini banyak bermunculan miliarder muda dari bisnis internet. Dengan internet mereka dapat memulai bisnis tanpa memerlukan gelar akademik dan modal.
banyak yang tidak sadar dan tidak siap dengan perubahan era ini. Mereka masih berpikir dan bertindak dengan pola yang sudah tidak berlaku di Era Informasi. Mereka berpikir bahwa pendidikan tinggi adalah hal terpenting yang harus dikejar. Seorang ibu masih senang memuji anak tetangga yang mendapatkan nilai A pada pelajaran matematika, sementara anaknya mendapatkan nilai A untuk pelajaran kesenian. jika anda termasuk golongan ini, bertobatlah karena Era Industri sudah berakhir.
Apakah anda masih ingat mengenai 3 kasta yang ada di Era Agraris dan Era Industri ?? Dalam Era Informasi, orang-orang yang merupakan kasta miskin dapat menjadi kasta kaya dalam waktu yang sangat singkat. Kenapa hal ini bisa terjadi ?? hal ini terjadi karena proses penyebaran informasi yang begitu cepat seiring perkembangan teknologi dan internet. Dengan adanya internet, pemilik FACEBOOK bernama Mark Zuckerberg (26 tahun) yang merupakan mahasiswa drop out, telah menjadi orang paling kaya termuda didunia dengan kekayaan lebih dari Rp 10 Triliun. Hal ini hanya terjadi di Era Informasi.

Era Konseptual
Perubahan dari satu era ke era yang lain membutuhkan waktu yang makin lama makin cepat. Jika diperhatikan, perubahan dari Era Agraris menuju ke Era Industri memerlukan waktu sekita 500 tahun. Namun perpindahan dari Era Industri menuju Era Informasi ke Era Konseptual menjadi lebih cepat lagi. Saat ini kita telah memasuki Era Konseptual. Siapa yang tidak bisa mengikuti kecepatan perubahan itu akan menjadi orang gagal.
Di Era Konseptual, orang yang berhasil adalah orang yang memiki konsep yang unik, bahkan kadang agak :"aneh". Mereka adalah orang yang menggunakan otak kanan. Otak kanan adalah bagian otak yang bertanggung jawab terhadap kreativitas dan imajinasi kita. Otak kanan suka hal-hal yang baru. Berbeda dengan otak kiri yang berperan di Era Industri yang suka dengan keteraturan, segala sesuatu yang pasti dan hal-hal yang monoton.
"

Sumber: Bong Chandra-Motivator termuda no 1 di Asia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar